Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-An’am ayat 120

18 Des

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-An’am (Binatang Ternak)
Surah Makkiyyah; surah ke 6: 165 ayat

tulisan arab alquran surat al an'am ayat 120“Dan tinggalkanlah dosa yang nampak, dan yang tersembunyi. Sesungguhnya orang-orang yang mengerjakan dosa, kelak akan diberi pembalasan (pada hari Kiamat), disebabkan apa yang mereka telah kerjakan.” (QS. al-An’aam: 120)

Mujahid berkata: “Maksud dari firman-Nya: wa dzaruu dhaaHiral itsmi wa baathinaHu (“Dan tinggalkanlah dosa yang nampak dan yang tersembunyi.”) Yakni perbuatan maksiat, baik yang dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi.”

Yang benar bahwa ayat itu bersifat umum, sebagaimana firman-Nya yang artinya: “Katakanlah: ‘Rabbku hanya mengharamkan perbuatan yang keji, baik yang nampak ataupun yang tersembunyi.’” (QS. Al-A’raaf: 33).

Oleh karena itu Allah berfirman: innal ladziina yaksibuunal itsma sayujzauna bimaa kaanuu yaqtarifuun (“Sesungguhnya orang-orang yang mengerjakan dosa, kelak akan diberi pembalasan [pada hari Kiamat], disebabkan apa yang telah mereka kerjakan.”) Artinya, baik dosa itu dilakukan secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi, maka Allah akan membalasnya.

Ibnu Abi Hatim mengatakan dari an-Nawwas bin Sam’an, dia berkata: “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah saw. mengenai perbuatan dosa maka beliau bersabda: ‘Perbuatan dosa itu adalah sesuatu yang merisaukan di dalam hatimu, dan engkau tidak menyukai orang lain mengetahuinya.” (HR. Muslim dan Ahmad).

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: