Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-An’am ayat 128

19 Des

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-An’am (Binatang Ternak)
Surah Makkiyyah; surah ke 6: 165 ayat

tulisan arab alquran surat al an'am ayat 128“Dan (ingatlah) hari di waktu Allah menghimpunkan mereka semuanya, (dan Allah berfirman): ‘Hai golongan jin (syaitan), sesungguhnya kamu telah banyak (menyesatkan) manusia,’ lalu berkatalah kawan-kawan mereka dari golongan manusia: ‘Ya Rabb kami, sesungguhnya sebagian daripada kami telah dapat kesenangan dari sebagian (yang lain) dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami.’ Allah berfirman: ‘Neraka itulah tempat diam kamu, sedang kamu kekal di dalamnya, kecuali kalau Allah menghendaki (yang lain).’ Sesungguhnya Rabbmu Mahabijaksana lagi Mahamengetahui.” (QS. al-An’aam: 128)

Allah berfirman: wa (“Dan.”) Ingatlah wahai Muhammad, tentang apa-apa yang engkau cenitakan dan peringatkan kepada mereka.
Yauma yahsyuruHum jamii’an (“Hari di waktu Allah menghimpunkan mereka semuanya.”) Yaitu para jin dan kawan-kawan mereka dari kalangan umat manusia yang beribadah kepada mereka (jin) di dunia, meminta perlindungan kepada mereka, mentaati mereka, serta sebagian mereka membisikkan kepada sebagian lain-nya perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu.

Yaa ma’syarul jinni qadis taktsartum minal insi (“Wahai golongan jin [syaitan], sesungguhnya kamu telah banyak [menyesatkan] manusia.”) Artinya, Allah berfirman: wahai golongan jin [-dan Siyaqul kalam (konteks pembicaraan) menunjukkan adanya suatu yang mahdzuf (tidak tersebut)-]’ sesungguhnya kamu telah banyak (menyesatkan) manusia.” Maknanya, telah banyak menyimpangkan dan menyesatkan mereka.

Seperti firman Allah yang artinya:
“Bukankah Aku telab memerintahkan kepadamu, wahai Bani Adam, supaya kamu tidak beribadah kepada syaitan? Sesungguhnya syaitan itu adalab musuh yang nyata bagi kamu. Dan hendaklah kamu beribadah kepada-Ku. Inilah jalan yang lurus. Sesungguhnya syaitan itu telah menyesatkan sebagian besar di antaramu. Maka apakah kamu tidak memikirkan?” (QS. Yaasiin: 60-62).

Firman-Nya: wa qaala auliyaa-uHum minal insi rabbanas tamt’a ba’dlunaa bi ba’dlin (“lalu berkatalah kawan-kawan mereka dari golongan manusia: ‘Ya Rabb kami, sesungguhnya sebagian dari kami telah mendapat kesenangan dari sebagian [yang lain].”) Maksudnya, kawan-kawan jin dari kalangan umat manusia berkata dengan (kalimat) ini sebagai jawaban kepada Allah atas firman-Nya tersebut.

Mengenai ayat ini, Ibnu Abi Hatim mengatakan dari al-Hasan, “Allah berfirman, ‘Kalian telah
banyak memperoleh untuk menghuni Neraka pada hari Kiamat kelak.’ Maka kawan-kawan jin dari kalangan manusia itu berkata, ‘Ya Rabb kami, sesungguhnya sebagian dari kami telah mendapat kesenangan dari sebagian yang lain.’ Dan maksudnya tidak lain, bahwa jin itu menyuruh, dan manusia menurutinya.”

Mengenai firman-Nya: rabbanas tamta’a ba’dlunaa bi ba’dlin (“Ya Rabb kami, sesungguhnya sebagian dari kami telah mendapat kesenangan dari sebagian [yang lain].”) Muhammad bin Ka’ab berkata: “Yaitu (sebagai) sahabat di dunia.”

Dan firman-Nya: wa balaghnaa ajallanal ladzii ajjalta lanaa (“Dan kami telah sampai kepada waktu yang telah Engkau tentukan bagi kami.”) As-Suddi berkata, “(Maksudnya) yakni kematian.”

Qaalan naaru matswaakum (“Allah berfirman: ‘Neraka itulah tempat diam kamu.’”) Artinya, itulah tempat tinggal kalian dan kawan-kawan kalian. Khaalidiina fiiHaa (“Kamu kekal di dalamnya.”) Artinya, di sana kalian akan menetap untuk selamanya, kecuali jika Allah menghendaki lain.

Sebagian ulama mengatakan: “Pengecualian ini ditujukan pada alam barzakh.” Ada juga beberapa pendapat lain yang akan dibahas pada firman Allah dalam surat Huud:
“Mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Rabbmu menghendaki
(yang lain). Sesungguhnya Rabbmu Mahaberbuat terhadap apa yang Dia kehendaki.” (QS. Huud: 107).

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: