Tafsir Ibnu Katsir Surah Al-An’am ayat 140

19 Des

Tafsir Al-Qur’an Surah Al-An’am (Binatang Ternak)
Surah Makkiyyah; surah ke 6: 165 ayat

tulisan arab alquran surat al an'am ayat 140“Sesungguhnya rugilah orang yang membunuh anak-anak mereka karena kebodohan lagi tidak mengetahui, dan mereka mengharamkan apa yang Allah telah rizkikan kepada mereka dengan semata-mata mengada-adakan terhadap Allah. Sesungguhnya mereka telah sesat dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.” (QS. al-An’aam: 140)

Allah berfirman, bahwa orang-orang yang mengerjakan hal-hal tersebut benar-benar merugi balk di dunia maupun di akhirat. Di dunia mereka rugi karena telah kehilangan anak-anak mereka yang mereka bunuh, serta mempersempit diri dari harta kekayaan yang mereka miliki, di mana mereka mengharamkan beberapa hal yang mereka ada-adakan sendiri. Sedang kerugian mereka di akhirat adalah mereka akan ditempatkan di tempat yang paling hina karena kedustaan dan mengada-ada terhadap Allah.

Dalam menafsirkan ayat ini, al-Hafizh Abu Bakar bin Mardawaih mengatakan dari Ibnu `Abbas, dia berkata: “Jika anda ingin mengetahui kebodohan orang-orang Arab, maka bacalah surat al-An’aam setelah ayat ke seratus tiga puluh:
“Sesungguhnya rugilah orang yang membunuh anak-anak mereka karena kebodohan lagi tidak mengetahui, dan mereka mengharamkan apa yang telah Allah rizkikan kepada mereka dengan semata-mata mengada-ada terhadap Allah. Sesungguhnya mereka telah sesat dan tidaklah mereka mendapatpetunjuk.” (QS. Al-An’aam: 140).
(Demikian pula yang diriwayatkan al-Bukhari sendiri dalam kitab [bab] Manaaqibu Quraisy dalam Shahihnya).

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: