Kubur adalah Persinggahan Akhirat yang Pertama

27 Jan

At-Tadzkirah; Bekal Menghadapi Kehidupan Abadi;
Imam Syamsuddin al-Qurthubi

Ibnu Majah telah meriwayatkan dari Hani’ bin Utsman, dia berkata, “Apabila Utsman ra berdiri di hadapan sebuah kubur, dia menangis sampai membasahi janggutnya. Maka seseorang menegurnya, ‘Ketika mengingat surga dan neraka engkau tidak menangis. Kenapa engkau menangis karena melihat kubur ini?’
Utsman menjawab, ‘Sesungguhnya Rasulullah saw. pernah bersabda: ‘Sesungguhnya kubur adalah persinggahan pertama di alam akhirat. Jika seseorang selamat dari [fitnah] kubur, maka selanjutnya akan lebih mudah. Dan jika dia tidak selamat, maka selanjutnya akan lebih sulit baginya.’ (Hasan; Sunan Ibnu Majah [4267] dinyatakan shahih oleh Ahmad Syakir ra)

Dan kata Utsman pula: Sabda Rasulullah saw.: ‘Tidak satupun pemandangan yang aku lihat, kecuali kubur tetap lebih seram daripadanya.’ (hasan al-Jami’ [5623] karya al-Albani)

Hadits ini juga diriwayatkan oleh at-Tirmidzi (Muhaqqiq tidak mentakhrij hadits dari at-Tirmidzi ini. Dan hadits ini dinyatakan hasan gharib, diriwayatkan dengan sanad dari Hani’ juga, dalam kitab az-Zuhud an Rasulullah, bab Maa jaa-a fii dzikral al maut). Dan ditambahkan oleh Razin, katanya, “Dan saya mendengar Utsman melantunkan sebuah syair di depan sebuah kubur;

Jika kau selamat dari fitnah kubur,
Niscaya selamat dari yang lebih dahsyat.
Jika tidak, sungguh aku tak bisa bertutur,
Kau bakal bisa selamat.

Ibnu Majah juga telah meriwayatkan dari al-Barra’, dia berkata, “Pernah kami bersama Rasulullah saw. menghadiri jenazah. Maka beliau duduk di tepi kubur, lalu menangis dan membuat yang lain-lain ikut menangis, sampai membasahi tanah, kemudian beliau bersabda, ‘Hai saudara-saudaraku, untuk hal seperti ini bersiap-siaplah kamu sekalian.’” (Shahih; Ahkam al-Jana-iz [200] karya al-Albani)

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: