Dua Telapak Tangan Allah?

28 Jan

At-Tadzkirah; Bekal Menghadapi Kehidupan Abadi;
Imam Syamsuddin al-Qurthubi

Dalam hadits ada kata-kata “Hafnah” (sepenuh dua telapak tangan) yang dinisbatkan kepada Allah, sebagaimana terdapat pula kata-kata yang serupa pada beberapa hadits sebelumnya. Bahkan, dalam Shahih Muslim ada sabda Nabi saw yang mengabarkan tentang Allah Ta’ala, seperti keterangan lalu, “Maka Allah menggenggam segenggam api.”

Tapi, bagaimanapun, jangan sampai hal ini membuat kamu berfaham “tajsim” (menyifati Allah bertubuh). Lihat apa yang dimaksud dengan kata-kata tersebut, pada pembahasan tentang firman Allah: “Wa yathwis samawaati bi yamiiniHi”.

Adapun yang dimaksud, tidak lain adalah, bahwa Allah Ta’ala kelak akan mengeluarkan dari neraka sejumlah banyak makhluk-makhluk-Nya, tiada terhitung, dan tidak termasuk dalam hitungan tadi. Mereka dikeluarkan sekaligus tanpa syafaat dari seseorang, dan cara keluarnya pun tidak berurutan satu-persatu. Tetapi seperti halnya seseorang menggenggam sesuatu, lalu melemparkannya sekaligus dari tangannya. Hal itu diungkapkan dengan kata-kata “hafnah, hatsaw dan qabdhah” (sepenuh dua telapak tangan, seciduk dan segenggam). Maka camkanlah itu.

(Apa beratnya mengakui adanya sifat “menggenggam” bagi Allah, padahal sifat itu dinyatakan secara tsabit dalam al-Qur’an dan as-Sunnah, selagi kita tetap mengatakan: genggaman Allah tidak menyerupai genggaman makhluk-Nya, tetapi genggaman yang layak dengan-Nya sebagai Yang Maha Pencipta. Maka segala puji bagi Allah atas taufiq-Nya)

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: