Hukum Mengubur Mayit di Pekuburan Orang-orang Shalih

28 Jan

At-Tadzkirah; Bekal Menghadapi Kehidupan Abadi;
Imam Syamsuddin al-Qurthubi

Para ulama kita berkata: Mustahab hukumnya bagi anda –semoga Allah merahmati anda untuk membawa jenazah keluargamu ke pekuburan orang-orang shalih, tempat orang-orang baik dikuburkan. Gabungkanlah jenazah keluargamu dengan mereka, tempatkan dia berjejer dan bertetangga dengan mereka, supaya mendapatkan berkah mereka, dan bisa bertawassul kepada Allah Ta’ala dengan berdekatan tersebut. Dan hindarkan jenazah keluargamu itu dari kuburan orang-orang yang tidak shalih, yaitu mereka yang dikhawatirkan bisa mengakibatkan keluargamu itu tersiksa karena bertetangga dengan mereka, atau ikut merasa sakit dengan melihat keadaan mereka, sebagaimana telah diterangkan dalam hadits sebelumnya.

Suatu riwayat mengatakan, ada seorang perempuan dikubur di Cordova –semoga Allah mengembalikan dia ke tempat yang lebih baik. Suatu ketika dia datang kepada keluarganya lewat mimpi. Dia mengecam mereka dan mengeluh seraya berucap, “Apa tidak ada tempat lain, kenapa kalian mengubur aku dekat tempat pembakaran kapur?”

Esok harinya, mereka memeriksa kubur perempuan itu, dan ternyata, di sekitar tempat itu maupun di tempat sekitarnya tidak ada pembakaran kapur. Maka mereka meneliti lebih seksama dan menanyakan, siapa yang telah dikubur di dekat perempuan itu. Dan ditemukanlah seorang algojo, suruhan Ibnu Amir, kuburnya ada di dekat perempuan itu. Lalu mereka keluarkan mayit perempuan itu dari kuburnya, dijauhkan dari kubur sang algojo. Cerita ini disebutkan oleh Abu Muhammad Abdul Haq dalam kitabnya “al-Aqibah”.

Dan diriwayatkan pula dari seorang Badui, bahwa dia bertanya kepada ayahnya dalam mimpi, “Apa yang Allah lakukan terhadapmu?” Maka jawabnya, “Tidak ada yang menggangguku, selain bahwa aku dikubur di dekat Fulan,” yakni seorang yang fasik, “aku ngeri melihat siksa yang ditimpakan kepadanya.”

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: