Hadits Kudsi

5 Mar

Ilmu Al-Qur’an (‘Ulumul Qur’an)
Studi Ilmu-ilmu Al-qur’an; Mannaa’ Khaliil al-Qattaan

Kata Qudsi (kudsi) dinisbatkan pada kata quds. Nisbah ini mengesankan rasa hormat, karena materi kata itu sendiri menunjukkan kebersihan dan kesucian dalam arti bahasa. Maka kata taqdis berarti menyucikan Allah. Taqdis sama dengan tathiir, dan taqaddasa sama dengan tataHHara [suci, bersih]. Allah berfirman dengan kata-kata malaikat-Nya:

“…padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan diri kami karena Engkau.” (al-Baqarah: 30) yakni membersihkan diri untuk diri-Mu.

Hadits qudsi ialah hadits yang oleh Nabi saw. disandarkan kepada Allah. Maksudnya, Nabi meriwayatkannya bahwa itu adalah kalam Allah. Maka Rasul menjadi perawi kalam Allah ini dengan lafal dari Nabi sendiri. Bila seseorang meriwayatkan hadits kudsi, maka dia meriwayatkannya dari Rasulullah saw. dengan disandarkan kepada Allah, dengan mengatakan:

“Rasulullah saw. mengatakan mengenai apa yang diriwayatkan dari Tuhannya”; atau ia mengatakan: “Rasulullah saw. mengatakan: Allah Ta’ala telah berfirman atau berfirman Allah Ta’ala.”

Contoh yang pertama:
“Dari Abu Hurairah ra. dari Rasulullah saw. mengenai apa yang diriwayatkan dari Tuhannya ‘azza wa jalla: ‘Tangan Allah itu penuh, tidak dikurangi oleh nafakah, baik di waktu malam maupun siang hari….’” (Hadits Bukhari)

Contoh yang kedua:
“Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. berkata: ‘Allah Ta’ala berfirman: ‘Aku menurut sangkaan hamba-Ku terhadap-Ku. Aku bersamanya bila dia menyebut-Ku. Bila ia menyebut-Ku di dalam dirinya, maka Aku pun menyebutnya di dalam diri-Ku. Dan bila dia menyebut-Ku di kalangan orang banyak, maka Aku pun menyebutnya di kalangan orang banyak yang lebih baik dari itu….’” (HR Bukhari dan Muslim)

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: