Banyaknya Nuzul dengan Satu Sebab

6 Mar

Ilmu Al-Qur’an (‘Ulumul Qur’an)
Studi Ilmu-ilmu Al-qur’an; Mannaa’ Khaliil al-Qattaan

Terkadang banyak ayat yang turun sedang sebabnya hanya satu. Dalam hal ini tidak ada permasalahan yang cukup penting, karena itu banyak ayat yang turun di dalam berbagai surah berkenaan dengan satu peristiwa. Contohnya ialah apa yang diriwayatkan oleh Sa’id bin Mansur, ‘Abdurrazaq, Tirmidzi, Ibn Jarir, Ibnul Mundzir, Ibn Abi Hatim, Tabrani dan Hakim yang mengatakan shahih, dari Ummu Salamah, ia berkata:

“Wahai Rasulallah, aku tidak mendengar Allah menyebutkan kaum perempuan sedikitpun mengenai hijrah. Maka Allah menurunkan: Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya [dengan berfirman: ‘Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan; [karena] sebagian kamu adalah keturunan dari sebagian yang lain…’” (Ali ‘Imraan: 195)

Diriwayatkan pula oleh Ahmad, Nasa’i, Ibn Jarir, Ibnul Mundzir, Tabrani dan Ibn Mardawaih dari Ummu Salamah yang mengatakan: “Aku telah bertanya: Ya Rasulallah, mengapa kami tidak disebutkan dalam al-Qur’an seperti kaum laki-laki? Maka pada suatu hari aku dikejutkan oleh seruan Rasulullah di atas mimbar. Ia membacakan: ‘Sesungguhnya laki-laki dan perempuan Muslim…. sampai akhir ayat 35 surah al-Ahzab [33]

Diriwayatkan pula oleh Hakim dari Ummu Salamah yang mengatakan: “Kaum laki-laki berperang sedang perempuan tidak. Di samping itu kami hanya memperoleh warisan setengah bagian? Maka Allah menurunkan ayat: ‘Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain; karena bagian laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita pun ada bagian dari apa yang mereka usahakan pula…(an-Nisaa’: 32) dan ayat: ‘Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim….”

Ketiga ayat tersebut turun karena satu sebab.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: