Definisi dan Sighat Qasam

6 Mar

Ilmu Al-Qur’an (‘Ulumul Qur’an)
Studi Ilmu-ilmu Al-qur’an; Mannaa’ Khaliil al-Qattaan

Aqsaam adalah bentuk jamak dari qasam yang berarti al-hilf dan al-yamiin, yakni sumpah. Sighat asli qasam ialah fi’il atau kata kerja “aqsama” atau “ahlafa” yang di-muta’addi [transisi]-kan dengan “ba” untuk sampai pada muqsam biHi [sesuatu yang digunakan untuk bersumpah], lalu disusul dengan muqsam ‘alaiHi [sesuatu yang karena sumpah diucapkan] yang dinamakan dengan jawab qasam.

Misalnya firman Allah: “Mereka bersumpah dengan nama Allah, dengan sumpah yang sungguh-sungguh, bahwasannya Allah tidak akan membangkitkan orang yang mati.” (an-Nahl: 38)

Dengan demikian, ada tiga unsur dalam sighat qasam: fi’il yang ditransitifkan dengan “ba”, muqsam biHi dan muqsam ‘alaiHi.

Oleh karena qasam itu sering dipergunakan dalam percakapan maka ia diringkas, yaitu fi’il qasam dihilangkan dan dicukupkan dengan “ba”. Kemudian “ba” pun diganti dengan “wawu” pada isim zahir, seperti: wal laili idzaa yaghsyaa (“Demi malam, bila menutupi [cahaya siang]”) (al-Lail: 1)

Dan digantinya “ta” pada lafadz jalalah, misalnya: wa tallaaHi la akiidanna ash-naamakum (“Demi Allah, sesungguhnya aku akan melakukan tipu daya terhadap berhala-berhalamu”) (al-Anbiyaa’: 57). Namun qasam dengan “ta” ini jarang dipergunakan, sedang yang banyak adalah dengan “wawu”.

Qasam dan yamiin adalah dua kata sinonim, mempunyai makna yang sama. Qasam didefinisikan sebagai “mengikat jiwa [hati] agar tidak melakukan, atau melakukan sesuatu, dengan “suatu makna” yang dipandang besar, agung, baik secara haqiqi maupun i’tiqadi, oleh orang yang bersumpah itu.”

Bersumpah dinamakan juga dengan yamiin [tangan kanan] karena orang Arab ketika sedang bersumpah memegang tangan kanan sahabatnya.

&

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: