Kadar Kemukjizatan al-Qur’an

9 Mar

Ilmu Al-Qur’an (‘Ulumul Qur’an)
Studi Ilmu-ilmu Al-qur’an; Mannaa’ Khaliil al-Qattaan

1. Golongan mu’tazilah berpendapat bahwa kemukjizatan itu berkaitan dengan keseluruhan al-Qur’an, bukan dengan sebagiannya, atau dengan setiap surahnya secara lengkap.

2. Sebagian ulama berpendapat, sebagian kecil atau sebagian besar al-Qur’an, tanpa satu surah penuh, juga merupakan mukjizat, berdasarkan firman Allah:
“Maka hendaklah mereka mendatangkan kalimat yang semisal al-Qur’an…” (at-Tuur: 34)

3. Ulama yang lain berpendapat, kemukjizatan itu cukup hanya dengan satu surah lengkap sekalipun pendek, atau dengan ukuran satu surah, baik satu ayat atau beberapa ayat.

Memang, al-Qur’an telah mengajukan tantangan agar didatangkan sesuatu yang sama persis dengan al-Qur’an; dengan keseluruhannya [al-Israa’: 88], dengan sepuluh surah (Huud: 13), dengan satu surah (Yunus: 38), dan dengan suatu pembicaraan seperti al-Qur’an (at-Thuur: 34)

Namun demikian, kita tidak berpendapat, kemukjizatan itu hanya terdapat pada kadar tertentu, sebab kita dapat menemukannya pula pada bunyi huruf-hurufnya dan alunan kata-katanya, sebagaimana kita mendapatkannya pada ayat-ayat dan surah-surahnya. Al-Qur’an adalah Kalamullah. Ini saja sudah cukup.

Adapun mengenai segi atau kadar manakah yang mukjizat itu, maka jika seorang penyelidik yang obyektif dan mencari kebenaran memperhatikan al-Qur’an dari aspek manapun yang ia sukai, segi uslubnya, segi ilmu pengetahuannya, segi pengaruh yang ditimbulkannya di dalam dunia dan wajah sejarah yang diubahnya atau semua segi tersebut, tentu kemukjizatan itu ia dapatkan dengan jelas dan terang.

&

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: