Manfaat Pembahasan Mengenai Ayat yang Turun Pertama dan Terakhir

9 Mar

Ilmu Al-Qur’an (‘Ulumul Qur’an)
Studi Ilmu-ilmu Al-qur’an; Mannaa’ Khaliil al-Qattaan

Pengetahuan mengenai ayat-ayat yang pertama kali dan terakhir kali diturunkan itu mempunyai banyak manfaat, yang terpenting di antaranya:

1. Menjelaskan perhatian yang diperoleh al-Qur’an guna menjaganya dan menentukan ayat-ayatnya. Para shahabat telah menghayati al-Qur’an ini ayat demi ayat. Sehingga mereka mengerti kapan dan dimana ayat itu diturunkan. Mereka telah menerima dari Rasulullah saw. ayat-ayat al-Qur’an yang diturunkan kepada beliau dengan sepenuh hati, hati-hati dan percaya bahwa al-Qur’an adalah dasar agama, penggerak iman dan sumber kemuliaan serta kehormatannya.

Dan ini membawa pada akibat positif yaitu bahwa al-Qur’an selamat dari perubahan dan kekacauan. “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan al-Qur’an, dan Kami pulalah yang akan menjaganya.” (al-Hijr: 9)

2. Mengetahui rahasia perundang-undangan Islam menurut sejarah sumbernya yang pokok. Ayat-ayat al-Qur’an dapat mengatasi persoalan kejiwaan manusia dengan petunjuk ilahi, dan mengantarkannya dengan cara-cara yang bijaksana dan menempatkan mereka ke tingkat kesempurnaan. Ia dapat bertahan dalam menetapkan hukum-hukum, sehingga dengan demikian cara hidup mereka menjadi benar dan urusan masyarakat berada pada jalan yang lurus.

3. Membedakan yang nasikh dan mansukh. Kadang terdapat dua ayat atau lebih dalam satu masalah, tetapi ketentuan hukum dalam satu ayat berbeda dengan ayat lain. Apabila diketahui mana yang pertama diturunkan dan mana yang kemudian, maka ketentuan hukum dalam ayat yang diturunkan kemudian menasakh [menghapus] ketentuan ayat yang diturunkan sebelumnya.

&

Iklan

Satu Tanggapan to “Manfaat Pembahasan Mengenai Ayat yang Turun Pertama dan Terakhir”

  1. jimiroy27 10 Maret 2016 pada 11.23 #

    Memang benar demikian adanya, kita memahami dari sebab turunnya ayat tersebut, hingga kita memahaminya, sedangkan aplikasi dan mengempletasikan ayat tersebut banyak yang belum memahaminya, karena kebanyakan terpokus hukum asal diturunkannya ayat-ayat Allah, tersebut, padahal zamn kini kita harus aplikatip terhadap masalah kita yang sekarang, belum lagi adanya ayat-ayat nasakh yang harus dimansyukh, masih sedikit sekali yagmemahminya akan hal ini, sebaiknya ulama lebih mengerti dan memahami kondisi umat sekarang bagaimana untuk mengaoplikannya setiap ayat agar mudah difahami dan dilaksanakan, masih baik ada yang menghatamkan AlQuran akan tetapi apa yang dibacanya masih bingung jika ditanya apa arti maksud Quran yang ente telah baca, cinta quran apa hanya sekedar dibaca ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: