Boleh Mengeluh Sakit

1 Mei

Riyadhush shalihin, Imam Nawawi,
Akhlak dan Tuntunan Kaum Muslimin

Dari Ibnu Mas’ud r.a., katanya: “Saya masuk ke tempat Nabi s.a.w. dan beliau di kala itu menderita penyakit panas, lalu saya memegangnya, kemudian saya berkata: “Sesungguhnya Tuan ini benar-benar sakit panas yang sangat.” Lalu beliau s.a.w. bersabda; “Benar, sesungguhnya penyakit panas saya ini adalah seperti panas-nya dua orang di antara engkau semua – yang dijadikan satu.” (Muttafaq ‘alaih)

Dari Sa’ad bin Abu Waqqash r.a., katanya: “Rasulullah s.a.w. datang ke tempatku untuk meninjau sewaktu saya menderita sesuatu penyakit yang sangat. Kemudian saya berkata: “Telah sampai padaku penyakit sebagaimana yang Tuan maklumi ini, sedang saya adalah seorang yang berharta dan tidak ada yang akan mewarisi harta itu melainkan anak saya perempuan,” selanjutnya disebutkanlah Hadis ini sampai selengkapnya. (Muttafaq ‘alaih)

Dari Alqasim bin Muhammad, katanya: “Aisyah radhiallahu ‘anha berkata: “Aduh kepalaku.” Kemudian Nabi s.a.w. bersabda; “Bahkan sayalah – yang lebih sangat sakitnya. Aduh kepalaku,” selanjutnya disebutkanlah Hadis ini sampai selengkapnya.(Riwayat Bukhari)

&

Tinggalkan Balasan

