Tafsir Ibnu Katsir Surah At-Taubah / Al-Bara’ah ayat 101

29 Jun

Tafsir Al-Qur’an Surah At-Taubah (Pengampunan)
Surah Madaniyyah; surah ke 9: 129 ayat

tulisan arab alquran surat at taubah ayat 101“Di antara orang-orang Arab Badui yang di sekelilingmu itu, ada orang-orang munafik; dan (juga) di antara penduduk Madinah. Mereka keterlaluan dalam kemunafkannya. Kamu (Muhammad) tidak mengetahui mereka, (tetapi) Kami-lah yang mengetahui mereka. Nanti mereka akan kami siksa dua kali kemudian mereka akan dikembalikan kepada adzab yang besar.” (QS. at-Taubah / al-Baraah: 101)

Allah memberitahu Rasul-Nya, Muhammad saw, bahwa di antara masyarakat Arab yang tinggal di sekitar Madinah terdapat orang-orang munafik. Demikian halnya di tengah-tengah masyarakat Madinah, juga terdapat orang-orang munafik. Maradduu ‘alan nifaaqi (“Mereka keterlaluan dalam kemunafikannya.”) Yaitu, secara berkelanjutan dan terns menerus dalam melakukan kemunafikan tersebut.

Dari kata marad itu pula syaitan itu disebutkan sebagai mariid dan maarid. Tamarrada fulan yang berarti si fulan itu melampui batas dan sombong.

Dan firman Allah: laa ta’lamuHum nahnu na’lamuHum (“Engkau [Muhammad] tidak mengetahui mereka, tetapi Kamilah yang mengetahui mereka.”) Yang demikian itu tidak bertentangan dengan firman-Nya yang artinya berikut ini:
“Dan jika Kami hendaki, niscaya Kami tunjukkan mereka kepadamu, sehingga kamu benar-benar dapat mengenal mereka dengan tanda-tandanya. Dan kamu benar-benar akan mengenal mereka dari kiasan-kiasan perkataan mereka.” (QS. Muhammad: 30)

Karena yang demikian itu termasuk masalah pemberian tanda kepada mereka dengan sifat-sifat yang dengannya mereka dikenal dan tidak berarti bahwa Nabi saw. mengetahui masing-masing orang munafik yang ada di sekitarnya. Dan Nabi saw. sendiri mengetahui bahwa di antara penduduk Madinah yang bergaul dengan beliau terdapat juga orang munafik, meskipun beliau melihatnya setiap pagi dan sore hari.

Mengenai firman Allah: sanu’adzdzibuHum marrataini (“Nanti mereka akan Kami siksa dua kali.”) Mujahid mengatakan: “Yaitu berupa pembunuhan dan penangkapan.” Dalam sebuah riwayat,ia mengatakan: “Yaitu berupa kelaparan dan siksa kubur. Baru kemudian mereka dikembalikan ke adzab yang besar.”

Ibnu Juraij mengatakan: “Yaitu adzab dunia dan adzab kubur. Baru kemudian mereka dikembalikan ke adzab yang besar, yaitu neraka.”
Sedangkan `Abdurrahman bin Zaid mengemukakan: “Adapun adzab di dunia itu berupa harta kekayaan dan anak.” Lalu ia membacakan firman Allah Ta’ala [yang artinya]:
“Maka janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya dengan memberikan harta benda dan anak-anak itu, Allah hendak mengadzab mereka dalam kehidupan di dunia.” (QS. At-Taubah: 55).

Semua musibah tersebut merupakan adzab bagi mereka, sedangkan bagi orang-orang mukmin merupakan pahala. Dan adzab di akhirat kelak adalah di neraka.

Tsumma turadduuna ilaa ‘adzaabin ‘adhiim (“Kemudian mereka akan dikembalikan kepada adzab yang besar.”) Mujahid mengatakan: “Yaitu neraka.”

Diceritakan kepada kami, bahwa `Umar bin al-Khaththab ra, jika ada orang yang meninggal dunia dari kalangan mereka (orang-orang munafik), maka ia melihat Hudzaifah, jika Hudzaifah menshalatkannya, maka ia akan menshalatkannya, dan jika tidak ia akan meninggalkannya.

Diceritakan pula kepada kami, bahwasanya `Umar bin al-Khaththab pernah bertanya kepada Hudzaifah: “Apakah aku termasuk dari mereka?” “Tidak, dan aku tidak akan percaya seorang pun dari mereka sepeninggalmu.”

&

Iklan

4 Tanggapan to “Tafsir Ibnu Katsir Surah At-Taubah / Al-Bara’ah ayat 101”

  1. Islam Aceh 29 Juni 2016 pada 03.32 #

    sangat bermanfaat ditunggu artikel selanjutnya

  2. Azizah 26 Juli 2016 pada 17.51 #

    Tafsir At Taubah ayat 105 ditunggu. tolong asbabun nuzul surah Az Zumar ayat 39 nya min

    • untungsugiyarto 28 Juli 2016 pada 06.52 #

      Baik, insya Allah pengerjaan postingnya bisa dipercepat. Terimakasih sudah berkunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: