Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat;
Abdurrahman An-Nahlawi
UNTUK ANAK-ANAK YANG TERSISIH
BAB I KONSEPSI ISLAM TENTANG PENDIDIKAN
A. Pendidikan Islam Merupakan Solusi
– Pengertian tarbiyah
– Pengertian ad-Diin
– Pengertian Islam
B. Hubungan antara Islam dan Pendidikan
– Pendidikan Islam: Kewajiban Umat Islam
– Pendidikan Islam: Tuntutan Duniawi dan Ukhrawi
BAB II SUMBER-SUMBER PENDIDIKAN ISLAM
A. Al-Qur’an: Sumber Pendidikan Rasul dan Shahabat
B. Al-Qur’an: Sumber yang Edukatif
C. As-Sunnah: Teladan Pendidikan Islam
BAB III DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM
A. Pendahuluan
B. Konsepsi Islam tentang Manusia, Semesta, dan Kehidupan
C. Manusia Menurut Pandangan Islam
1. Hakekat Manusia dan Asal-usul Penciptaannya
2. Manusia: Makhluk yang Dimuliakan
3. Manusia: Makhluk istimewa yang Terpilih
4. Manusia: Makhluk yang Dapat Dididik
5. Tanggung Jawab Manusia
6. Ibadah kepada Allah: Tugas Tertinggi Manusia
D. Alam Semesta Menurut Pandangan Islam
1. Alam Semesta Diciptakan untuk Satu Tujuan
2. Tunduknya Semesta adalah Takdir Allah
3. Keteraturan Semesta: Kekuasaan Allah
4. Sunnatullah untuk Manusia
5. Alam Semesta Tunduk kepada Allah
6. Alam Semesta Ditaklukkan untuk Manusia
E. Kehidupan Menurut Pandangan Islam
1. Kehidupan adalah Ajang Ujian dan Cobaan Allah
2. Kehidupan adalah Ujian dan Cobaan Allah terhadap Manusia Pertama
3. Sifat Kehidupan Dunia Menurut al-Qur’an
4. Aspek Pendidikan Kehidupan Dunia
F. Dasar-dasar Peribadahan
1. Hakekat Ibdah
2. Hikmah Kependidikan Ibadah
G. Landasan Syariat
1. Peranan Syariat dalam Kegiatan Berfikir
2. Peranan Syariat dalam Pendidikan Perilaku
H. Masalah-Masalah Pendidikan
1. Pemeliharaan Agama
2. Pemeliharaan Diri
3. Pemeliharaan Materi
4. Pemeliharaan Akal
5. Pemeliharaan Kehormatan, Keturunan dan Nasab
I. Peranan Aqidah dalam Pendidikan Awal
Keimanan: Salah Satu Landasan Pendidikan
a. Beriman kepada Allah: sebuah konsep ketuhanan
b. Beriman kepada malaikat
c. Beriman kepada kitab yang diturunkan Allah
d. Beriman kepada para rasul
e. Beriman kepada hari akhir
f. Beriman kepada takdir Allah
BAB IV SASARAN DAN TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM
A. Sasaran Pendidikan Islam
B. Tujuan Pendidikan Islam
C. Islam dan Tujuan Pendidikan Barat
1. Islam dan Konsep Aktualisasi Diri
2. Islam dan Konsep Perkembangan
a. Pendidikan Islam dan Konsep Perkembangan Jasmani
b. Pendidikan Islam dan Konsep Perkembangan Akal
c. Pendidikan Islam dan Konsep Perkembangan Sosial
d. Pendidikan Islam dan Konsep Warga Negara
e. Pendidikan Islam dan Konsep Pencarian Rizki
D. Keutamaan Pendidikan Islam
E. Pengetahuan Agama: Bekal Mewujudkan Pendidikan Islam
BAB V MEDIA PENDIDIKAN ISLAM
A. Masjid dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan
1. Fungsi Edukatif Masjid
2. Fungsi Sosial Masjid
3. Dampak Edukatif dan Sosial Masjid
B. Rumah dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan
C. Sekolah dan Pengaruhnya terhadap Pendidikan
1. Pentingnya Sebuah Sekolah
2. Sekolah Zaman Rasulullah saw.
3. Sekolah Periode Abbasiyah Akhir
4. Sekolah Zaman Modern
D. Pendidikan yang Islami
1. Tugas Seorang Pendidik
2. Sifat dan Syarat Seorang Pendidik
E. Tanggung Jawab Masyarakat dalam Pendidikan
F. Dampak Edukatif Kegiatan Tambahan (Ekstra Kurikuler)
1. Selintas tentang Kegiatan Tambahan
2. Pelaksanaan Kegiatan Tambahan
3. Kegiatan Tambahan pada Permulaan Islam
4. Aktifitas Pewujud Tujuan Islam
G. Karakteristik Kurikulum Pendidikan Islam
1. Kurikulum
2. Bentuk-bentuk Kurikulum Modern
3. Karakteristik Kurikulum Islami
4. Bentuk Kurikulum Islami
BAB VI METODE PENDIDIKAN ISLAMI
A. Mendidik Melalui Dialog Qur’ani dan Nabawi
1. Dialog Kithabi dan Ta’abbudi
2. Dialog Deskriptif
3. Dialog Naratif
4. Dialog Nabawi
B. Mendidik Melalui Kisah Qur’ani dan Nabawi
1. Pentingnya Kisah Edukatif
2. Tujuan Pendidikan dalam Kisah Qur’ani
3. Tujuan Pendidikan dalam Kisah Nabawi
C. Mendidik Melalui Perumpamaan
1. Perumpamaan
2. Dampak Edukatif Perumpamaan Qur’ani dan Nabawi
D. Mendidik Melalui Keteladanan
1. Pentingnya Sebuah Figur Teladan
2. Nilai Edukatif yang Teraplikasikan
3. Peniruan: Dasar Psikologis Keteladanan
4. Nilai-nilai Edukatif dalam Keteladanan
E. Mendidik Melalui Praktif dan Perbuatan
1. Islam: Agama Realistis
2. Pendidikan Praktis Melalui Latihan dan Pengulangan
3. Metode Praktis dalam Menghafal
4. Dampak Edukatif Praktik dan Latihan
F. Pendidikan Melalui ‘Ibrah dan Mau’idhah
1. Mendidik Melalui ‘Ibrah
2. Mendidik Melalui Mau’idhah
3. Dampak edukqtif nasehat
G. Mendidik Melalui Targhib dan Tarhib
1. Dasar-Dasar Psikologis dan Edukatif
2. Targhib dan Tarhib
3. Targhib – Tarhib Qur’ani dan Nabawi
&
Assallamuallaikum wr wb
Bapak/Ibu admin saya mau tanya kalo nyari buku ini dimana ya ? Apakah anda mempunyai stok? Saya mau beli
Terimakasih